Perangko Gerhana Matahari Total (GMT) PT POS Indonesia

Blog Gandem! – halooo pembaca sekalian, besok hari raya nyepi untuk umat Hindu bertepatan dengan fenomena Gerhana Bulan yang muncul tiap 32-36 tahun sekali didukung dengan siklus gerhana (siklus saros /siklus gerhana)

gerhana_matahari1

Susunana Bumi Bulan dan Matahari ketika terjadi Gerhana

Cerita sedikit soal gerhana matahari total, gerhana ini terjadi apabila Bumi-Bulan-Matahari terletak pada satu garis lurus yang mengakibat tertutupnya sinar matahari yang menuju bumi oleh bulan. dan tidak disetiap tempat dapat melihat gerhana matahari total. untuk kali ini sih giliran Indonesia mendapat jatah melihat gerhana matahari total (GMT). wess wess ini malah jadi pelajaran Sains saja kalau mau lebih tahu monggo cek saja WikiPedia Gerhana.

4682348-3x2-940x627

Fenomena ini menjadi euphoria tersendiri dikalangan masyarakat bahkan Menteri Pariwisata menghimbau untuk menikmati gerhana matahari ini serta membagikan kaca mata uv filter di 12 titik gerhana. Presiden juga ikut lihat di bangka sana, beda jauh dengan cerita ibuk saya dimana dulu pada 1983 masyarakat tidak berani keluar rumah karena takut matanya terganggu hingga terancam buta ditambah larangan langsung dari pemerintah. hal tersebut juga diperkuat oleh mitos dan cerita masyarakat suku jawa jikalau ketika gerhana matahari itu ada raksasa/buto yang sedang makan matahari/bulan hhehehe kan basa basi lagi 😀 sorry bro..

jadi pada Intinya di artikel ini saya mau memberitahu kepada kalian semua bahwa, PT POS Indonesia membuat perangko khusus edisi gerhana matahari total 2016 yang sudah disebar di seluruh Indonesia. Mengutip dari DetikNews Perangko Gerhana.

7f1b9f16-82ea-4977-bea8-5eb82ffc4972

Perangko Gerhana Matahari 2016

Jakarta – PT Pos Indonesia segera meluncurkan prangko edisi khusus Gerhana Matahari Total 2016. Jumlah prangko ini terbatas. Bagaimana penampakannya?

Manajer Filateli PT Pos Indonesia Tata Sukiarta menerangkan, pemerintah merencanakan prangko khusus sejak tahun lalu. Rencananya, peluncuran resmi prangko bakal dilakukan pada 23 Februari mendatang.

detikcom sempat mengintip bentuk prangko tersebut saat disampaikan pada saat rapat Panitia Nasional Gerhana Matahari Total 2016 di kantor LAPAN Bandung, Jabar, Kamis (4/2) kemarin. Tata mengatakan, desain prangko tersebut dibuat oleh tim dari Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) dan sudah mendapat persetujuan Menkominfo Rudiantara.

“Peluncuran rencananya akan dilakukan di Observatorium Bosscha Lembang. Kami akan mengedakan press conference. Ini bisa jadi koleksi menarik bagi para kolektor,” kata Tata.

Bagaimana buat njenengan njenengan yang hobi filateli atau mengoleksi perangko sikat saja.. termasuk barang langka ini nantinya hehe kan lumayan bisa jadi aset 😀 ini saya nulisnya buru buru jadi kepengen beli juga kan wkwkwk sekian artikel saya kalai ini

terima kasih sudah berkunjung 😀

Baca juga yang lain

Pekan Kreatif Nusantara Pekalongan

Jateng Punya Blog Otomotif!

Gatotkaca ada filmnya!

7 thoughts on “Perangko Gerhana Matahari Total (GMT) PT POS Indonesia

  1. Ping balik: Mannequin Challenge ID | Blog Gandem!

Jangan Lupa Komentarnya